Anggota divisi Climbing HANCALA yaitu Cita Puspa Aisyah, Fajri Maghfirah, dan Nurul Hidayatun mengikuti kegiatan pelatihan bersama rock trip yang diadakan oleh KPTY (Komunitas Panjat Tebing Yogyakarta) pada hari Jumat-Minggu, 16-18 Februari 2018. Kegiatan panjat terbagi menjadi dua yaitu sport dan artificial panjat. Panjat sport dilakukan dengan memanjat tebing dengan cara lead, dimana pemanjat pertama memasang peralatan pengaman dan diamankan oleh seorang pengaman (belayer) dari bawah. Sedangkan artificial panjat merupakan pemanjatan guna manambah ketinggian dengan alat.
Peserta dan panitia tiba di lokasi acara sekitar pukul 13.00. Acara berlokasi di Tebing Parang Endog, Watu Gupit, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sesampainya di sana, peserta dan panitia bekerja sama mendirikan tenda perkemahan lalu dilanjutkan perkenalan para peserta dan panitia acara. Setelah itu, materi diberikan kepada para peserta mengenai pengenalan alat-alat yang digunakan dalam pemanjatan dan dilanjutkan diskusi mengenai cara-cara pemanjatan artifisial yang benar.
Hari kedua, kegiatan pemanjatan dilaksanakan. Kegiatan pemanjatan dibagi menjadi 2 jenis yaitu sport dan artifisial. Sedangkan kegiatan pemanjatan artifisial dibagi menjadi 2 kelompok dengan memanjat tebing yang berbeda. Pemanjatan artifisial dimulai dengan orientasi medan mengenai tebing yang akan dipanjat sehingga peserta dari masing-masing kelompok dapat mengetahui alat-alat apa saja yang dibutuhkan dalam pemanjatan. Kemudian masing-masing kelompok mengambil alat yang dibutuhkan dalam pemanjatan dan mulai melakukan pemanjatan. Kelompok yang tidak melakukan pemanjatan artifisial hari kedua melakukan pemanjatan sport. Kegiatan hari kedua dimulai sekitar pukul 09.00 dan selesai sekitar pukul 15.00.
Pemanjatan artifisial kelompok ketiga dilakukan di hari ketiga. Sedangkan kelompok yang hari sebelumnya sudah melakukan pemanjatan artifisial bergantian melakukan pemanjatan sport. Pemanjatan dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 12.00. Setelah itu para peserta dan panitia bersiap untuk pulang kembali ke rumah masing-masing

Print Friendly, PDF & Email